Custom Search

Cara sukses usaha dibidang kuliner? adalah pertanyaan yang sangat sering sekali saya jumpai diberbagai forum maupun komentar blog dan saya sendiri juga pernah mendapati email yang isinya sebuah pertanyaan terkait cara memulai usaha kuliner tersebut. 

Sehingga saya putuskan untuk mengulasnya juga di blog tabloidwirausaha ini, agar semuanya tahu serta bisa menerapkannya juga pada usaha kuliner yang mereka jalankan agar sukses.

Menjalankan usaha dibidang makanan atau kuliner itu sebenernya susah-susah gampang. Namun bagi yang belum pernah terjun ke usaha yang satu ini, mungkin mereka akan merasa sulit dan takut kalau makanan yang mereka jual tersebut tidak laku. 

Akan tetapi bagi yang sudah bisa merasakan hasilnya, justru mereka akan ketagihan untuk terus membangun dan memperbanyak usahanya tersebut. Itu semua juga tergantung bagamana kita dalam menjalankannya, kalau kita yakin dan serius untuk menekuninya maka niscaya sukses pasti akan didapat.

Jadi, agar usaha kuliner atau makanan anda lebih banyak pembeli serta bisa sukses, berikut ini penulis begikan tips sukses usaha kuliner atau makanan untuk anda semua.

cara memulai usaha kuliner

Cara Memulai Usaha Kuliner/Makanan Agar Sukses


1. Jaga Citra Rasa Kuliner Anda.


Rasa yang enak serta mantap pada sebuah makanan inilah alasan yang kuat kenapa mereka mau membeli dan terus membeli makanan di tempat anda. 

Jadi, mempertahankan citra rasa kuliner anda tersebut harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai pembeli pindah ketempat lain karena citra rasa pada makanan yang anda jual tersebut berubah.

Ini merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita perhatikan. Karena hal tersebut juga salah satu kunci sukses dalam sebuah Usaha Kuliner.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan.


Kebersihan itu sebagian dari iman, jadi sudah sepatutnya kita untuk selalu menjaga kebersihan. Hal tersebut juga sangat penting dan salah satu cara sukses usaha kuliner yang mungkin sudah anda tahu, namun seringkali dilupakan.

Saya yakin orang pasti akan berfikir dua kali kalau ingin membeli makanan ditempat anda, kalau tempat atau lingkungan sekitar usaha kuliner anda itu kumuh dan kotor, bukan begitu?. 

Agar orang tertarik dengan jualan anda tersebut, maka jagalah kebersihan usaha kuliner anda entah itu pada lingkungan sekitar maupun pada proses pembuatan makanan tersebut.

3. Berpenampilan Rapi dan Bersih.


Nah, hal ini juga salah satu faktor yang perlu kita perhatikan. Agar pembeli semakin tertarik dengan jualan anda, maka pakailah pakaian yang bersih dan rapi, karena hal tersebut dapat menambah kepercayaan pembeli, kalau apa yang anda jual tersebut juga sebersih orangnya hehe..!!

Tapi inget yaaaa...!! Jangan genit-genit dengan pelanggan kecuali ingin di tampar suaminya heee.

4. Ramah Dengan Pembeli.


Pernahkah anda beli sesuatu, tapi dilayani dengan sikap yang tidak enak menurut kita?. Pasti pernah dan bahkan sampai sekarang pasti tidak pernah beli lagi ditempat tersebut, benar begitu kawan? 

Untuk itu, kalau kita ingin sukses dengan usaha kuliner yang kita jalankan, maka kita harus melayani pembeli seramah dan sebaik mungkin. 

Bukan hanya usaha kuliner saja, tapi untuk semua jenis usaha. Jika anda bertanya cara sukses usaha kuliner, maka ini adalah salah satu kunci sukses usaha kuliner yang perlu diperhatikan.

5. Buat Pembeli Anda Nyaman.


Apakah tempat usaha anda maupun pelayanan anda sudah cukup nyaman untuk para pelanggan anda?. 

Jika belum, maka mulailah dari sekarang buatlah pembeli merasa nyaman saat berada di tempat anda. Misalnya, tempat duduk yang laya, bersih, lengkap dengan fasilitas seperti tv,wifi dan lain sebagainya.

Intinya kita harus buat pelanggan itu merasa nyaman. Karena, dengan begitu mereka pasti akan datang kembali lain waktu. Itu sudah pasti, entah itu membeli maupun mencaci hehe..:-P

Demikianlah beberapa cara memulai usaha kuliner agar sukses, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua