Home » » Anda Ingin Usaha Cuci Motor Sederhana? Ini Dia Tips Beserta Analisanya

Anda Ingin Usaha Cuci Motor Sederhana? Ini Dia Tips Beserta Analisanya

Usaha Cuci Motor merupakan salah satu jenis Peluang Usaha yang menjanjikan untung besar di bidang usaha jasa 

Salah satu keuntungan dalam usaha cuci motor ialah memiliki prospek yang cukup cerah, karena bisa di bilang usaha yang gak ada matinya dan bisa di muali dengan cara sederhana

Jika kita menjalankan usaha yang potensial seperti usaha cuci motor ini maka keuntungan yang besar akan mudah didapat oleh pelaku bisnis tersebut.

Alasan seperti itulah yang menjadikan alasan yang kuat kenapa kita harus segera memulai usaha cuci motor ini. 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa, sekarang ini jenis kendaraan sepeda motor itu semakin meningkat dan bahkan setiap orang pun memilikinya dan itupun lebih dari satu kendaraan motor. 

Sehingga hal tersebut bisa sangat menguntungkan sekali bagi pemilik usaha cuci motor .

Kita bisa memanfaatkan hal tersebut dengan cara menyediakan jasa cuci motor. karena meskipun mencuci motor memang bukanlah hal yang sulit, 

Namun bagi orang yang punya kesibukan atau alasan lainnya, jasa cuci motor adalah salah satu solusi bagi mereka untuk mengatasi masalah motor mereka yang kotor. Tentu saja mereka mau mengeluarkan sejumlah uang, ketimbang melakukannya sendiri.

Dari beberapa hal diatas kita tentu saja sudah bisa menyimpulkan bahwa, peluang usaha cuci motor itu sangat menjanjikan dan menguntungkan sekali bukan?

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan usaha cuci motor, maka simaklah ulasan saya ini. Karena di bawah ini akan saya bagikan tips mengenai usaha cuci motor beserta analisa tentang usaha tersebut. 

Jadi, dengan begitu kita jadi lebih bisa memahami bagaimana cara memulainya serta berapa modal yang kita perlukan untuk memulai usaha cuci motor tersebut.

usaha cuci motor


Berikut ini tips cara memulai usaha jasa cuci motor yang harus kita lakukan, agar usaha cuci motor kita itu bisa cepat sukses dan meraih keuntungan yang berlimpah.

1. Pilih Tempat Strategis.


Memilih tempat usaha yang strategis adalah salah satu tindakan yang perlu kita perhatikan, pasalnya tempat usaha kita itu juga sangat menentukan kesuksesan kita dalam menjalankan usaha. 

Tidak hanya untuk usaha cuci motor saja, usaha lain pun sama harus memilih tempat yang strategis.

2. Pekerjakan Karyawan Yang Handal.


Selain tempat, kita juga harus mempunyai karyawan untuk melancarkan usaha kita tersebut. 

Namun dalam mencari karyawan atau pekerja kita juga harus perhatikan dengan baik. Kita harus pekerjakan karyawan yang handal dan bisa dipercaya. Tidak mudah memang, tapi ini penting untuk usaha tersebut. Jadi, kita harus usahakanny dan menyeleksi dengan pekerja dengan teliti.

3. System Pelayanan.


Bagian yang tidak kalah penting lagi adalah system pelayanan, kita harus punya system pelayanan yang baik untuk konsumen kita. 

Hal ini adalah salah satu kunci kesuksesan dalam usaha cuci motor,sehingga perlu kita pertimbanggan dengan baik sebelum memutuskan segala sesuatunya terkait system pelayanan tersebut.

Jika pelayanan yang kita berikan untuk pelanggan baik, maka bisa saja pelanggan tersebut akan menjadi pelanggan tetap Anda.

Masih ada banyak hal lain lagi memang yang perlu kita perhatikan untuk menunjang kesuksesan didalam usaha cuci motor yang belum sempat saya bahas semua,

Namun 3 tips usaha cuci motor diatas adalah poin terpenting bagian dari usaha cuci motor yang perlu Anda perhatikan. Untuk menghitung berapa modal usaha cuci motor Anda bisa lanjutkan membacanya dan berikut analisa usaha cuci motor yang mungkin Anda butuhkan juga sebelum memutuskan memulai usaha jasa cuci motor.

 Analisa usaha cuci motor

Misalnya :
Modal awal yang dikeluarkanRupiah
Renovasi tempatRp. 3.000.000
PerlengkapanRp. 1.500.000
peralatanRp. 3.500.000
TotalRp. 8.000.000
Keterangan.
  • Renovasi tempat
Jika anda memiliki garasi atau lahan kosong, mungkin anda bisa merenovasi atau menata ulang tampat tersebut untuk dijadikan tempat usaha anda.
  • Perlengkapan
Perlengkapan yang di gunakan untuk membuka usaha cuci motor diantaranya adalah, alat penyemprot bertekanan tinggi, compresor, tabung busa dan perlengkapan kecilnya seperti ( sikat, lap, ember , dan lap kanebo )
  • Peralatan
Perlu di sediakannya ruangan khusus untuk menyimpan peralatan tersebut, sebagai alasan keamanan dan agar tidak terlihat berantakan.
Biaya personal yang harus di keluarkan :
Biaya personalRupiah
Gaji pegawai misalnya ada 4 @ 600.000Rp. 2.400.000
BensinRp. 300.000
Air ledeng dan ListrikRp. 450.000
Sabun , sampo , dan semirRp. 160.000
TotalRp. 3.310.000

Jika pendapatan /1bulan dari usaha cuci motor ini.

Mungkin Jika saya asumsikan dalam satu hari ada 35 motor yang dicuci dengan ongkos cuci Rp. 7.500/ unit, maka pendapatan yang bisa diperoleh :
35 motor @ Rp. 7.500.- = Rp. 262.500,- / hari
Dan mungkin saja dalam satu bulan yaitu, 30 hari kerja maka akan diperoleh :
Rp. 262.500,- x 30 = Rp. 7.875.000 ,- / bulannya

Keuntungan Bersih yang didapat dalam 1 Bulan

Maka keuntungan bersih dalam 1 bulan yang bisa diperoleh ;
Pendapatan – Biaya Operasional = pendapatan bersih dalam 1 bulan,-
Rp. Rp. 7.875.000 ,- – Rp. 3.310.000,- = Rp. 4.565.000

Jika kita lihat dari analisa usaha cuci motor diatas, maka hanya dengan 2 bulan saja bisa balik modal dan bahkan masih ada keuntungan yang kita dapatkan. Enak bukan? Untuk itu jangan tunda lagi, apabila Anda sudah mempunyai modal untuk usaha cuci motor, maka setelah Anda tahu tips usaha cuci motor ini, maka segeralah Anda mulai.

"Untuk pembaca, berikan pendapat Anda tentang usaha cuci motor ini! Sehingga bagi teman kita yang ingin memulainya tidak rahu atau takut untuk bertindak.