Apakah saat ini sahabat sedang bingung mau usaha apa? itu wajar, karena memang untuk memilih dan memilah usaha yang bagus dan cocok untuk kita itu bukanlah hal yang mudah.

Tapi sebenarnya juga bukan hal yang sulit juga koq, kalau kita terus belajar dan memperhatikan peluang yang ada di sekitar kita, dengan banyak membaca berita seputar peluang usaha, ataupun dengan berkeliling mengitari tempat tempat usaha di daerah sobat, maka dengan sendirinya inspirasi itu akan datang.

Tapi jika segala macam cara sudah sobat lakukan, namun sobat masih buntu dan ragu untuk memulai usaha !

Gak perlu khawatir, karena di bawah ini saya akan membagikan beberapa tips usaha yang cocok untuk di jalankan oleh pemula, agar sukes mengalirkan jiwa wirausaha kita.

Penasaran?

Yuk kita simak ulasannya di bawah ini :


1. Usaha Yang Sesuai Dengan Hobi

Ini adalah usaha yang paling cocok buat sobat, jika memang sampai saat ini sobat gak tahu hendak memulai usaha apa.

Kenapa?

Karena sesuatu yang di mulai dari hobi itu tidak pernah membosankan, termasuk juga dalam hal usaha, sesulit apapun, jika dari awal kita sudah senang menjalankanya maka akan terasa ringan.

Dari pada kita bingung bekepanjangan, yang ujung ujungnya membuat kita frustasi untuk memulai usaha, maka lebih baik kita jadikan hobi kita sebagai bisnis.

Apalagi jika hobi sobat tergolong hobi yang menghasilkan uang , maka akan lebih mudah lagi untuk memulainya.

Contohnya, jika sobat hobi menulis, maka sobat bisa menjadi seorang penulis lepas, membuka jasa pengetikan online, menjadi blogger ataupun menjadi penulis cerpen di dalam koran dan majalan.

Contoh lain, jika sobat hobi musik, sobat bisa mencoba menjual alat alat musik seperti gitar dan peralatannya.

Jalankan saja lebih dulu, hitung hitung untuk kita belajar wirausaha sembari mengasah insting usaha kita agar lebih tajam, masalah berhasil atau tidak itu gak usah terlalu di fikirkan.
Bingung Mau Usaha Apa
Meski bingung jangan manyun manyun juga kali. hehe

2. Usaha Dengan Modal Kecil

Nah yang kedua ini juga sangat pas buat sobat yang bingung mau usaha apa, karena dengan memulih usaha dengan modal kecil maka akan meminimalisir kerugian yang akan kita dapatkan.

Karena walau bagaimanapun, sebagai seorang pemula tentu ada kekhawatiran di dalam diri kita bahwa akan mendapatkan kerugian saat menjalankan usaha nanti.

Nah untuk itu usaha dengan modal kecil adalah solusi yang paling tepat, karena walupun memang suatu saat kita mengalami kerugianpun tidak bakalan membuat kantong kita bolong.

Berikut beberapa contoh usaha modal kecil yang bisa sobat jalankan :

  • Bisnis Pulsa
Jangan lihat keuntunganya yang kecil, karena setiap bisnis itu bermula dari keuntungan yang kecil semua, coba sobat perhatikan makanan atau minuman yang di iklankan di televisi, kalau di fikir fikir berapa sih keuntungan yang mereka dapat dari satu produk? paling berkisar Rp.100 s/d Rp.500 saja.

Tapi kenapa mereka berani beriklan di televisi?

Itu karena mereka menggunakan faktor kali, dengan beriklan di televisi maka akan mendongkrak penjualan dan keuntungna yang kecilpun akan menjadi besar.

Seperti bisnis pulsa. meskipun keuntungan setiap transaksi di bilang kecil, namun kalau kita pintar dalam pemasaran maka akan besar juga keuntungan yang akan kita dapatkan.

Apalagi saat ini hampir semua kalangan membutuhkan pulsa dan paket internet, maka bisnis ini merupakan bisnis yang wajib sobat coba .


  • Bisnis Mainan Anak
Yang unik dari bisnis mainan anak ini adalah, jika sang anak sudah berkeinginan, maka mau tidak mau orang tua mereka akan membelikannya, karena kalau tidak maka mereka akan nangis setengah mati.

Itulah mengapa saya sangat merekomendasikan bisnis yang satu ini, jika sobat memang bingung mau usaha apa.

Apalagi modal bisnis mainan anak juga tidak terlalu besar, jadi sobat gak perlu takut rugi.

Dan lagi untuk pemasarannyapun juga cukup gampang, karena kita bisa menjualnya di pameran pemaren atau acara hiburan rakyat yang ada di desa ataupun di daerah perusahan kelapa sawit ( setiap menjelang gajian mereka mengadakan pasar rakyat ).

Sebagai contoh seperti mas Jonathan Crisnada yang meskipun memiliki kekurang sebagai penyandang tuna rugu, berkat kegigihannya beliau berhasil menjadi pengusaha mainan yang sukses.

Baca ceritanya di Lika Liku Penyandang Tuna Rugu Hingga Sukes Menjadi Pengusaha Mainan

  • Bisnis Minuman
Terutama buat sobat yang tinggal di dekat perkantoran, sekolah, maupun di pinggri jalan raya, maka bisnis minuman sangat cocok buat sobat.

Seperti es tebu, es kelapa muda, es campur, atau jus buah merupakan minuman minuman yang selalu di buru oleh masyarakat di siang hari, apalagi jika cuaca sedang panas.

Jadi gak ada alasan lagi kita bingung mau usah apa.

3. Memulai Bisnis Online

Yang ketiga, jika memang sobat bingung mau memilih usaha apa? maka gak ada salahnya untuk memulai bisnis online.

Kenapa?

Karena sekarang ini adalah era digital marketing, dimana hampir semua sudah memanfaatkan internet sebagai sarana bisnis yang sangat power full.

Dari mulai tansportasi seperti "gojek" ataupun jual beli online seperti di tokopedia, bukalapak dll.

Ini membuktikan bahwa bisnis online merupakan bisnis masa depan, yang kedepannya akan terus berkembang pesat, dan kalau kita tidak terlibat di dalamnya maka kita juga akan semakin ketinggalan zaman.

Ada banyak sekali macam macam bisnis online yang bisa kita ikuti, namun sebagai pemula sangat saya rekomendasikan adalah menjadi seorang blogger.

Kenapa?

Karena kemampuan dalam mengeola sebuah blog adalah modal dasar yang paling penting untuk kita bisa sukes dalam bisnis online, karena apapun bisnis online yang akan kita ikuti kelak, tanpa kemampuan dasar dalam mengelola blog, maka akan sangat sulit untuk berhasil.

Baik itu, bisnis affiliasi, Cpa, Content writer, ataupun sebagai publisher iklan, semua membutuhkan keahlian dan pengalaman menjadi seorang blogger yang profesional.

Untuk tambahan silahkan sobat baca : 6 kendala di awal memulai bisis online dan cara mengatisinya

4. Menjadi Seorang Reseller Atau Dropshipper

Nah yang terakhir untuk mengobati kebingungan sobat, maka sobat bisa memilih menjadi seorang reseller atau dropshopper.

Wah apaan tu mas?

Yakni kita menjual kembali produk milik orang lain dengan margin harga yang lebih besar, tanpa perlu stok barang, karena kita bisa menawarkannya melalui katalog produk ataupun brosur lebih dahulu, setelah ada yang tertarik baru kita memesannya kepada toko online yang kita ikuti keanggotaanya.

Menarik bukan?

Dengan cara ini, kita bisa sambil belajar ilmu marketing dan strategi pemasaran tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Jika sudah ahli, nanti kita bisa membuka toko online sendiri.

Demikianlah sedikit tentang usaha yang cocok buat pemula yang sedang bingung mau memilih usaha apa, semoga bermanfaat.