Sahabat tertarik untuk terjun ke usaha fotocopy karena mungkin sobat melihat salah satu usaha fotocopy di daerah sobat ramai pengunjung dan pembeli?

Eits, jangan buru buru untuk memulainya, sebelum sobat tahu seluk beluk dari usaha fotocopy seperti yang saya akan uraikan di bawah ini.

Kenapa?

Karena setiap usaha yang sukes itu pasti ada latar belakang yang membuat usaha tersebut sukses, bukan karena keberuntungan dan asal asalan semata, melainkan berdasarkan hasil analisa dan perhitungan yang tepat.

Jadi, jika sobat salah melangkah dan  sembarangan dalam memulai, maka tentu sangat di sayangkan, karena untuk memulai usaha fotocopy sendiri di butuhkan modal yang juga tidak sedikit lho.

Ya meskipun sobat mungkin saat ini sedang bingung mau usaha apa? tapi bukan suatu alasan untuk memulai usaha dengan buru buru

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagai sedikit tentang cara usaha fotocopy yang sukses untuk pemula.

Yang semoga bisa memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana usaha fotocopy sobat kedepannya.

Ok yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini :

Usaha Fotocopy


1. Lokasi Yang Strategis ( Daerah perkantoran, sekolah, kampus )

Faktor lokasi ini sangat fital dalam menentukan keberhasilan suatu usaha fotocopy.

Kenapa? karena memang pada umumnya, custumer ataupun pengguna jasa ini adalah tidak lain dan tidak bukan adalah para pelajar, mahasiswa, dan perkantoran, dimana selebihnya hanya sebagian kecil saja.

Jadi, jika sobat ingin membuka usaha fotocopy, pastikan sobat memilih lokasi tepat di daerah yang saya sebutkan di atas, atau minimal tidak jauh dari lingkupan tersebut.

Kalau sobat tidak percaya ! coba dech perhatikan dan analisa sendiri bisnis fotocopy yang ada di daerah sobat, umumnya mereka yang berhasil adalah yang lokasinya tidak jauh seperti yang saya sebutkan di atas.

Karena memang target pasar dari usaha yang satu ini, sangat berkaitan erat dengan pelajar, mahasiswa dan orang orang perkantoran.

So !! jangan memaksakan untuk membuka bisnis fotocopy jika memang sahabat tidak memiliki lokasi yang strategis ini, dari pada sobat nanti buang buang waktu saja.

2. Kualitas Cetakan 

Yang selanjutnya yang harus sobat perhatikan adalah kualitas hasil cetakan dari mesin fotocopy sobat, pastikan hasilnya tidak buram dan jelas.

Karena ini merupakan salah satu faktor yang paling di nilai oleh para custumer sobat nantinya.

Jangan sampai karena kualitas cetakan yang jelek, memberikan image yang tidak bagus terhadap usaha sobat.

So !! pastikan sobat membeli mesin fotocopy dengan kualitas yang sangat baik, meskipun terpaksa harus membeli yang setengah pakaipun tidak masalah, yang terpenting hasil fotocopynya bagus.


3. Kelengkapan

Usaha fotocopy umumnya selalu di lengkapi dengan penjualan atk dan tetek bengeknya yang masih berhubungan, seingga para custumer tidak perlu bolak balik untuk membelinya ke toko lain karena sudah tersedia lengkap di sana.

Jadi pastikan sobat melengkapi usaha fotocopy sobat dengan hal hal yang di perlukan tersebut, seperti stopmap, materai, kertas folio, pensil dan lain sebagainya.

Ini sangat penting untuk menunjung usaha fotocopy sobat agar bisa memberikan image yang bagus di mata custumer nantinya.

Jangan lupa juga lengkapai dengan fotocopy warna , karena umunya sekarang untuk fotocopy ktp adalah fotocopy berwarna.

4. Kualitas penjilidan

Jika sobat membuka usaha fotocopy di daerah kampus, tentu banyak di antara custumer sobat yang memerlukan fotocopy sekaligus penjilidan.

Nah dalam hal ini pastikan sobat sudah mengusai teknik penjilidan yang benar, sehingga memberikan hasil yang bagus dan rapi.

Ini sangat penting karena kerapian merupakan hal yang utama di tuntut oleh dosennya kepada para mahasiswa.

Jadi jika sobat belum mengetahui teknik penjiladan, gak usah sungkan dan ragu untuk belajar dari ahlinya lebh dulu, untuk menunjung usaha sobat.

5. Pelayanan

Dan yang terakhir adalah masalah pelayanan.

karena usaha fotocopy tergolong usaha jasa, jadi jangan pernah anggap sepele hal ini, karena pelayanan yang baik merupakan salah satu kunci sukes suatu usaha jasa.

Meskipun hanya dengan sekedar senyum dan rama tamah terhadap pelanggan, namun efeknya sangat besar lho.

Karena tentunya mereka akan merasa nyaman jika mendapatkan sambutan dan pelayanan yang baik, begitu juga sebaliknya.

Demikianlah sedikit tentang cara usaha fotocopy yang sukes untuk pemula, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.