Jika kita di tanya apakah ada usaha tanpa modal? maka tentu kita akan menjawab tidak ada, karena walau bagaimanpun suatu usaha atau bisnis, tentu memerlukan modal, baik itu tenaga, waktu, fikiran dan hal hal lainnya.

Tapi kalau anda ditanya apakah ada usaha sampingan tanpa modal uang? maka anda harus menjawab dengan tegas, ada ! karena sekarang cukup banyak bisnis tanpa modal yang bisa anda jalankan, seperti yang akan saya bagikan berikut ini.


Wah, beneran?


Ia, masa saya bohong sih, Sekarang ini sudah banyak sekali peluang bisnis online ataupun offline yang bisa kita jalankan gratis tanpa modal, bahkan ada beberapa diantarnya yang bisa kita kerjakan dari rumah.


Nah kira-kira apa saja usaha sampiangan tanpa modal uang tersebut? yuk kita simak ulasannya di bawah ini. agar buka usaha tanpa modal bukan hanya sekedar mimpi lagi. Dan andapun tidak bingung mau usaha apa



1. Bisnis Dropshipper Atau Reseller

Nah peluang usaha tanpa modal yang pertama adalah dropshipper atau reseller. Apa itu dropshipper atau reseller? yakni semacam menjadi agen penjualan dari orang lain, dengan komisi yang sudah di sepakati tentunya.

Dan menariknya sistem dropship ini umumnya di jalankan secara online, dan umumnya para toko online yang membuka sistem dropshp atau reseller ini memiliki beraneka ragam produk, sehingga bisa disesuaikan produk mana saja yang akan kita jual, menarik bukan?

Disamping itu, para toko online yang menerima dropshipper dan resellerpun umumnya sudah menyediakan katalog produk berupa gambar dan juga foto yang bisa kita gunakan sebagai sarana promosi kita, sehingga kita tidak perlu melakukan stock barang ataupun melakukan pemesan lebih dulu, sehingga bisnis ini benar benar tanpa modal uang.

Jika nanti ada pembelipun, maka pihak toko online tersebut akan mengirimkan barang kepada custumer tersebut beratas namakan anda, sehingga andapun bisa lebih mudah untuk membangun brand sendiri, sehingga suatu saat jika hendak membuka bisnis sendiri akan lebih mudah.
bisnis tanpa modal

2. Menjadi Seorang Blogger

Pernah dengar mantan tukang angon bebek yang bisa menghasilkan uang ratusan juta dari profesinya sebagai seorang blogger? jika belum silhkan sobat cek di google, maka sobat akan banyak menemukan berita tersebut.

Karena memang saat ini, blogger ( sebutan untuk orang- orang yang memiliki blog ) bukan lagi hanya sekedar untuk menyalurkan hobi melalui tulisan maupun vido, melainkan bisa kita jadikan sebagai ladang bisnis dan untuk mendapatkan penghasilan.

Masa sih? emang dari mana blogger bisa mendapatkan penghasilan?

Bener, ada banyak cara yang bisa di lakukan para blogger untuk bisa menghasilkan uang diantaranya seperti mengikuti program perikanlan PPC google adsense, membuka space iklan mandiri di blog, pay per post, ataupun berjuaan melalui blognya tersebut dan masih banyak yang lainnya.

Namun intinya untuk bisa mendapatkan penghasilan dari menjadi seorang blogger kita harus memiliki blog yang memiliki cukup banyak pengunjung, semakin banyak pengunjung maka akan semakin mudah untuk bisa mendapatkan penghasilan.

Saya contohkan seperti program periklanan google adsense, para blogger akan memasang kode iklan dari gogole adsense di blog merreka, sehingga jika nanti ada pengunjung blog mereka yang melakukan klik iklan tersebut, maka mereka akan mendapatkan bayaran antara Rp.500 s/d Rp.10.000.

3.  Jasa Penulisan Artikel

Saat ini pertumbuhan blogger sudah sangat pesat, sehingga kebutuhan akan konten berupa artikel juga semakin banyak, baik itu karena 1 blogger kadang memiliki banyak blog, sehingga dia tidak sempat untuk membuat artikel di seluruh blognya, ataupun karena blogger tersebut tidak mengusai tema dari artikel tersebut sehingga mereka menggunakan jasa untuk membuatnya.

Nah dari situlah muncul peluang usaha jasa penulisan artikel atau yang biasa disebut dengan ( Content Writer ) yang merupakan seseorang yang siap untuk membuatkan artikel untuk para blogger dan webmaster dengan sejumlah bayaran tentunya, biasanya per artikel tersebut oleh content writer di patok berdasarkan jumlah katanya .

Misalnya : 300 kata Rp. 4000, 400 kata : Rp,6000, 500 kata : Rp.9000 begitu seterusnya, semakin banyak kata dan semakin panjang artikel maka akan semakin mahal harganya.

Nah, tentu ini merupakan suatu peluang bagi anda yang sedang mencari usaha tanpa modal, karena anda bisa membuka jasa penulisan artikel.

Tapi saya belom bisa membuat artikelnya?

Ya tentu tidak akan ada sesuatu yang bisa kita raih dengan mudah, semua butuh proses, tapi seperti kata pepatah dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan.

Kalau kita mau jadi seorang conten writer yang profesional, maka kita harus belajar lebih dahulu tentang bagaimana membuat artikel yang baik dan benar, membuar artikel yang enak di baca, cara penulisan yang baik, dan bagaimana membuat aritkel yang seo friendlu, pelajari itu semua barulah anda mulai membuka jasa sebagai seroang conten writer.

4. Membuka Jasa Lest Private

Bagi anda para mahasiswa ataupun yang memiliki basic dibidang keguruan, kenapa tidak mencoba membuka jas lest private? karena tentu saat ini ada banyak sekali para pelajar SD, SMP dan SMA yang memerlukan pelajaran tambahan agar mereka bisa mendapatkan nilai yang baik di sekolah dan bisa lulus dengan baik nantinya.

Karena terkadang jika hanya mengandalkan jam pelajaran di sekolah saja, banyak siswa yang masih kurang mengerti dan memahami pelajarannya tersebut, sehingga banyak para orang tua yang memasukkan anaknya di program bimbingan belajar.

Nah tentu ini merupakan salah satu contoh usaha sampingan tanpa modal yang potensial untuk anda geluti.

5. Membuka Jasa Pengetikan Dan Input Data Secara Online

Bagi anda yang memiliki keahlian di bidang komputer, maka usaha sampingan tanpa modal yang bisa anda jalankan adalah membuka jasa pengetikan dan input data secara online, karena saat ini ada banyak sekali orang orang yang membutuhkan jasa tersebut.

Kalau tidak percaya, silahkan anda search di google, maka anda akan menemukan banyak sekali pekerjaan seputar input data dan pengetikan ini.

Tapi untuk mendapatkan jobnya gimana?

Anda bisa mencarinya di situs situs kerja online seperti sribulancer, project dll disitu biasanya ada banyak sekali orang yang memerlukan jasa tersebut.

6. Jasa Penerjemah

Menjadi seorang jasa penerjemah tentu tidak memerlukan modal uang bukan? yang penting kita punya keahlian di bidang bahasa asing, terutama bahasa inggris, maka kita sudah bisa membuka jasa penerjemah ini.

Dan biasanya target konsumen di bidang jasa ini adalah para dosen dan mahasiswa yang sedang diktat ataupun ada tugas buku buku bahasa inggris yang harus di terjemahkan kedalam bahasa indonesia.

Atau bisa juga para blogger yang ingin membuat blog bahasa inggris tapi mereka tidak mengerti bahasa inggris sehingga membutuhkan jasa penerjemah yang profesional.

Lho emang ada yang blogger yang rela membuat bahasa inggris? sekedar informasi buat sobat, nilai jual blog bahasa inggris itu bisa mencapai 10 x lipat blog bahasa indonesia, sehingga banyak yang rela membuat blog bahasa inggris meskipun mereka sendiri tidak mengerti bahasa tersebut. So jasa penerjemah selain tanpa modal juga cukup menjanjikan uantuk usaha jangka panjang

7. Bisnis Agen Properti

Saat ini bisnis properti sedang tumbuh pesat , karena selain sebagai keperluan tempat tinggal , saat ini properti di jadikan sebagai salah satu investasi yang menguntungkan, mengingat ROI setiap tahunya yang selalu meningkat.

Maka menjadi agen properti merupakan salah satu bisnis tanpa modal yang juga cukup menjanjikan, karena untuk menjadi agen properti terbilang mudah dan gratis, karena menggunakan sistem komisi jika terjadinya penjualan.

Yang di perlukan disini adalah kemampuan marketing kita dalam mempromosikan dan menjual properti tersebut.

Namun jika anda ada kemauan yang kuat untuk melakukan usaha pasti akan selalu ada jalan keluar dalam meraih kesuksesan.


8. Bisnis Affiliasi

Bisnis affiliasi atau affiliate marekting konsepnya hampir mirip dengan dropshipper maupun reselller, hanya saja bisa dibilang lebih simple, karena seorang affliate marketing hanya perlu mempromosikan link affiliasi dari toko online yang dia ikuti tanpa harus promosi barang dan katalog produk mereka.

Hanya saja dalam bisnis affiliasi ini kemampuan SEO dan marketing online sangat di perlukan untuk menunjuang kesuksesannya, karena tentu akan sangat sulit jika kita hanya mengandalkan social media untuk melakukan promosi link affiliasi kita.

Itulah mengapa. yang terjun di bisnis ini adalah lebih banyak dari kalangan blogger, karena mereka lebih mengerti tentang dunia SEO dan marketing online.

9. Menjadi Buzzer Di Instagram

Seperti kita ketahui saa ini instagram merupakan media social yang sedang naik daun di indonesia karena hampir memliki 45 juta pengguna aktif setiap bulannya, hal inilah yang menjadikan instagram menjadi salah satu media sicial paling efektif untuk melakukan promosi produk, terbukti dengan banyaknya brand yang melakukan promosi melalui akun instagram para artis indonesia.

Nah tidak hanya artis saja yang punya kesempatan untuk menjadi para incaran para advertiser, asalkan kita memiliki akun instagram dengan follower yang cukup banyak ( minimal 100 ribu sampai 200 ribu) maka kita juga punya kesempatan untuk mendapatkan pengiklan ataupun menjadi buzzer yakni untuk mempromosikan akun instagram orang lain yang masih minim follower, dengan harapan jika di promosikan oleh kita maka follower mereka akan meningkat pesat atau bahkan terjadinya penjualan.

Hanya saja seperti yang saya bilang tadi, syarat utama menjadi buzzer adalah kita harus memiliki akun instgram dengang follower yang cuku banyak.

Demikian 9 usaha sampingan tanpa modal dan minim resiko yang bisa kamu coba semoga bisa memberikan manfaat.


EmoticonEmoticon