Panduan Menjadi Penulis Online Yang Sukses, Bahkan Untuk Anda Yang Gaptek Sekalipun

Perlu sahabat ketahui Menjadi penulis online merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang sudah terbukti dan banyak di geluti oleh para pebisnis online, baik itu menjadi penulis online dengan cara mendaftar di berbagai situs yang menerima penulis tamu berbayar. Ataupun dengan cara menjadi freelance penulis. Atau bahkan menjadi penulis online lepas mandiri dengan menjadi seorang blogger seperti saya.

Namun perlu sahabat ketahui juga, untuk bisa menjadi penulis online yang sukses itu juga tidak mudah, karena selain membutuhkan keahlian menulis yang baik, menjadi penulis online juga di butuhkan keahlian dibidang Searche Engine Optimation (SEO), mampu menggunakan platfor blogging seperti blogger dan wordpress, dan karya tulisan kita harus original alias buatan tangan kita sendiri.

Tapi sahabat gak perlu khawatir, meskipun sulit, kalau memang sahabat ada kemauan yang kuat untuk menjadi pelulis online, maka semua bisa menjadi mudah, karena dulu kala, saya juga memulai menjadi penulis online dari seorang yang gaptek banget, tapi nyatanya saat ini saya bisa menghasilkan uang sebagai penulis online melalui blog yang saya kelola.

Nah, untuk itu, melalui panduan menjadi penulis online yang sukses ini, saya ingin berbagi sedikit pengalaman kepada sahabat semua yang ingin menjadi penulis online tapi tidak tahu harus mulai dari mana dan harus bagaimana.

Ya, meskipun artikel ini masih jauh dari kata sempurna, namun setidaknya bisa sedikit membeikan arahan dan gambaran bagaimana sebenarnya cara untuk menjadi penulis online itu. Ok yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini :

Cara menjadi penulis online

Macam Macam Cara Menghasilkan Uang Dengan Cara Menjadi Penulis Lepas Online

Nah sebelum kita bahas lebih dalam tentang cara menjadi penulis lepas online yang sukses, saya pikir alangkah lebih baiknya kalau kita mengetahui macam macam cara yang biasa di lakukan para penulis online untuk bisa menghasikan uang.

Agar nanti sahabat tidak bingung. Karena tentu antara cara yang satu dan yang lainnya itu memiliki step bay step yang berbeda beda.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ada kurang lebih 5 cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan sebagai penulis online.

1. Menjadi Seorang Blogger

Ini adalah cara yang pertama dan paling saya anjurkan untuk seorang pemula. Kenapa? karena menjadi seorang blogger itu, kita tidak terikat dengan siapan sehingga kiita bebas mengexplore kemampuan menulis kita di blog yang kita kelola.

Apalagi buat kita yang bisa di bilang "Gaptek" dan tidak memiliki basic menulis, jika kita langsung mendaftar di salah satu team content writer atau mencari pekerjaan freelance menulis, maka saya pastikan kita akan gagal. Kenapa? karena kita masih belum memiliki pengalaman menulis, belum mengerti bagaimana cara menulis yang baik, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan menulis.

Dan dengan menjadi blogger inilah kesempatan kita untuk belajar setahap demi setahap agar bisa menciptakan suatu artikel yang banyak di sukai orang lain, sehingga kedepan, kita akan sangat mudah untuk mendapatkan uang dengan menulis artikel dengan cara lainnya.

Atau bahkan, kalau blog kita berhasil mendapatkan banyak pengunjung, maka kita tidak perlu lagi mencari pekerjaan menulis dan tergantung dengan orang lain, karena kita sudah bisa menghasilkan uang dari blog kita sendiri.

Itulah yang saya lakukan, dari awal saya terjun kedunia bisnis online, saya langsung menjadi blogger, karena memang saat itu saya benar-benar gaptek dan tidak mengerti apapun tentang dunia tulis menulis, yang saya tahu hanyalah secerca ingatan menulis pada saat pelajaran bahasa indonesia saat dulu di sekolah.

Maka saya mualilah menulis di blog pertama saya saat itu, meskipun dengan kemampuan seadanya yang terpenting konsisten saja dulu menulis artikel dengan kosa kata yang cukup panjang, maka lama kelamaan kita akan terbiasa.

2. Menjadi Seorang Content Writer

Nah cara kedua untuk bisa menghasilkan uang sebagai penulis online adalah menjadi seorang content writer, baik itu dengan cara membuka jasa content writer sendiri ataupun melamar di beberapa team content writer yang sudah terkenal.

Namun untuk menjadi seorang content writer ini, umumnya kita sudah harus mengerti dan memiliki pengalaman dalam hal menulis konten di blog, atau karya tulis lainnya, kenapa? karena sangat sedikit team content writer yang mau menerima seorang content writer yang belum berpengalaman karena umumnya mereka merektur karyawan yang sudah mengerti tentang cara menulis artikel yang baik.

3. Menjadi Seorang Freelace Writer

Hampir mirip seperti seorang content writer yang membuka jasanya sendiri, hanya saja biasanya seorang freelance wirter ini mereka tidak membuka jasa tetap, dalam artian mereka menjadi seorang freelance hanya untuk mengisi waktu luang saja.

Dan mereka mendapatkan pekerjaan menulis dari situs-situs freelance seperti sribulancer.com, project.co.id dan situs situs frelance lainnya. Atau bisa juga para freelance writer mendapatkan pekerjaan dari para blogger blogger profesional yang membutuhkan jasa seorang freelance writer, karena mereka sudah tidak memiliki waktu untuk mengisi blognya sendiri.

Namun seperti yang saya jelaskan di atas, profesi seorang freelance witer ini pada dasarnya khusus bagi kita yang sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang menulis artikel di blog.

4. Menjadi Seorang Penulis Tamu Berbayar

Nah ada juga sebagian penulis online yang mencari nafkah dengan menjadi seorang penulis tamu berbayar di blog atau website yang menerima penulis tamu berbayar, baik itu blog bahasa inggris ataupun bahasa indonesia.

Karena saat ini ada banyak sekali blog yang menerima penulis tamu berbayar tersebut seperti, Ucnewes,babe,erudisi,klikmania dll.

Dan sekali lagi, untuk bisa menjadi seorang penulis tamu berbayar kita sudah harus menjadi seorang penulis profesional.

Nah setelah kita mengetahui macam macam cara mendapatkan uang dengan menjadi penulis online, maka dapat kita simpulkan "jika kita ingin menjadi seorang penulis online pada dasarnya kita harus bisa menulis dengan baik dan mengerti tentang seluk beluk penulisan di dunia blog".

Tapi bagaimana caranya? akan kita bahas di bawah ini.

Cara menjadi Penulis Online Yang Sukses Untuk Pemula

Nah dari ulasan di atas kita ketahui bahwa umumnya untuk bisa menjadi penulis online yang sukses itu haruslah memiliki pemngalaman dan pengetahuan menulis yang baik.

Nah bagaimana kita yang seorang pemula dan gaptek agar bisa menjadi seorang penulis online? cara terbaiknya adalah.

1. Berlatih Menulis Di Blog Pribadi Setiap Hari ( Menjadi Blogger )

Ini adalah jalan satu-satunya dan merupakan jalan yang terbaik menurut saya, karena dengan menjadi blogger kita bisa mulai berlatih menulis kapanpun dan dimanapun ketika kita punya waktu senggang.

Namun jika sahabat ingin sukses, maka usahakan kita harus membiasakan diri menulis setiap hari, karena dengan menulis setiap hari lama kelamaan kita akan terbiasa dan menulispun akan terasa mudah.

Sahabat bisa mulai menulis tentang kejadian, kejadian di sekitar sahabat, kejadian yang terjadi pada diri sahabat. atau mencari referensi dari blog ataupn sosial media.

2. Banyak Membaca

Kebanyakan teman teman pemula mengeluh tidak bisa merangkai kalimat dengan baik serta tidak tau hendak menulis apa. Itu terjadi karena banyak blogger pemula yang malas membaca dan mencari referensi dari tulisan blogger blogger yang ada di internet.

Kalau kita banyak membaca, maka saya yakin sedikit demi sedikit kemampuan menulis kita akan cepat berkembang, karena dari membaca tersebut pembendaharaan kata kita akan bertambah, kita mempelajari gaya penulisan yang baik, tata bahasa yang baik dan lain sebagainya.

Jadi intinya membaca ini merupakan hal yang wajib dan harus kita lakukan beriringan dengan berlatih menulis setiap harinya.

Artikel terkait : Kerja sampingan hanya dengan sms


3. Mempelajari SEO ( Search Engine Optmatioan )

Hal ini di perlukan karena umunnya para artikel di blog dan website itu di buat tidak hanya semata mata agar menarik di baca oleh pengunjung blog saja, melainkan agar bisa tampil dihaam utama mesin pencari seperti google, yahoo dan bing, karena dari sanalah sumber pengunjung terbesar yang di dapat oleh blog dan website.

Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka, jika kita ingin menjadi seorang penulis online kita juga harus mempelajari tentang SEO. Tidak harus menjadi ahli SEO, melainkan cukup mengerti tentang dasar dasar saja.

Contohnya seperti : penempatan kata kunci di dalam judl dan url blog, dan penempatan kata kata yang masih berhubungan di dalam artikel yang kita buat, ( lain kesempatan akan kita bahas lebih lanjut tentang SEO ).

4. Menggunakan Tanda Baca Dan Penulisan Huruf Yang Benar

Meskipun kita bergelut di dalam bidang online, tidak berarti penulis online tidak memperhatikan tanda baca dan penulisan huruf yang benar, karena ini sangat berpengaruh terhadap kualitas tulisan yang kita buat nantinya.

Karena tentu kebayangkan bagaimana jika suatu tulisan tidak menggunakan tanda baca yang benar? jangankan untuk membaca, melihatnya saja kita sudah pusing tujuh keliling.

Jadi pastikan biasakan dirikit menulis menggunakan tanda baca dan pelunisan huruf kapital yang benar, agar tuisan kita terkesan profesional.

5. Konsisten Dan Sabar

Tidak dapat kita pungkiri, mempelajari dan melakukan sesuatu yagn baru itu sangat menguras tenaga dan fikiran yang terkadang membuat kita frustasi dan malas, untuk itu jika kita ingin mejadi penulis online yan sukses maka kita harus bisa konisten dan sabar untuk berlatih setiap haria, sampai akhirnya kita bisa sukses.

6. Jangan Pernah Melakukan Copy Paste Artikel Orang Lain

Hal yang sangat terlarang bagi seorang penulis profesional melakukan copy paste artikel orang lain, karena itu sama saja dengan mencuri karya orang lain. dan lagi tidak akan ada hasilnya jika kita melakukan copy paste, karena tidak ada akan ada yang mau menerima tulisan hasil copy paste dan pencurian.

Bahkan search engine seperti googlepun, sangat menentang keras aksi ini.

Demikianlah panduan menjadi penulis online yang sukses untuk pemula, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.


EmoticonEmoticon