Cara Sukses Berdagang Apapun Barang Dagangan Yang Akan Kita Jual

Cara Sukses Berdagang Apapun Barang Dagangan Yang Akan Kita Jual
Cara Sukses Berdagang Apapun Barang Dagangan Yang Akan Kita Jual
Sukses berdagang tentulah impian semua pedagang yang ada dimuka bumi ini, baik itu pedagang online. pedagang kaki lima, dagang makanan, tentu semua menginginkan kesuksesan dan keuntungan dalam usaha dagang mereka tersebut.

Tapi seperti kata pepatah, tak ada cara mudah dalam menggapai kesuksesan, karena diperluan pengetahuan. pengalaman, serta cara yang tepat sebelum akhirnya kita semua meraih kesuksesan dalam usaha yang sedang kita jalani, tak terkecuali dalam usaha dagang.

Cara berdagang yang baik dan menguntungkan itu tidak begitu saja bisa kita dapatkan, melainkan dari pengalaman belajar dagang, serta pengetahuan dan dengan mengamati cara dagang para pedagang yang sudah lebih dahulu sukses dari kita.

Untuk itu kali ini tabloid wirausaha ingin membagaikan sedikit kiat sukses berdagang dari hasil pengamatan penulis yang semoga bisa memberikan sedikit wawasan dan bisa diterapkan dengan baik oleh sahabat.

Lalu bagaimana cara dagang yang baik dan menguntungkan? yuk kita simak ulasannya dibawah ini: 
cara berdagang


1.  Jujur


Ini adalah kiat sukses usaha dagang yang paling pertama dan utama. Kenapa? karena terlepas dari kejujuran adala perintah agama, kejujuran juga akan menimbulkan kepercayaan yang kuat terhadap suatu hubungan tak terkecuali hubungan jual beli dan berdagang.

Para pedagang yang memiliki sifat jujur akan lebih mudah mendapatkan pelanggan karena mereka akan puas terhadap setiap barang yang kita jual sesuai dengan apa yang kita persentasikan, baik itu kualitas barang, harga , timbangan, pedagang yang jujur tidak akan pernah berlaku curang sedikitpun.

Sehingga para pelanggan kitapun tidak akan sungkan untuk merekomendasikan kita kepada teman teman dan keluarga mereka jika kerabat mereka tersebut juga membuatuhkan barang yang ada di lapak dagangan kita.


2. Ramah Tamah Terhadap Calon Pembeli


Terlihat sepele memang, namun akan sangat fatal dan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kita dalam berdagang. kenapa? karena sudah merupakan sifat dasar manusia suka akan keramah tamahan dan kelembutan.

Kita ambil contoh saja diri kita pribadi jika berbelanja ke pasar ataupun toko, trus di toko tersebut kita dapati para pelayan toko yang tidak ramah, apa yang kita rasakan? tentu kita akan merasa jengkel kan? jangankan mau membeli, melihat lihat sajapun kita tidak akan mau?

Begitulah gambarannya, di dalam berdagang sifat ramah tamah ini sangatlah penting, walaupun mungkin kita akan menghadapi berbagai macam tipe pembeli, dari yang cerewet, yang sekdedar iseng bertanya tanya, semua harus bisa kita layani denan ramah tamah. Karena bisa jadi meraka yang hari ini sekedar bertanya saja, dilain waktu mereka akan kembali dan menjadi pelanggan kita, ia nggak?

Baca juga : Rahasia sukses orang jepang

3. Harga Yang Bersaing


Seperti kita ketahui, setiap pembeli tentu menginkan harga yang paling murah dengan kualitas yang terbaik, merekapun akan senang membandng bandingkan harga dari toko yang satu ke toko lainnya yang masih menjual barang yang sama.

Nah dalam hal ini, jika harga barang dagangan kita lebih mahal dari pedagang lain, tentu sahabat akan sulit untuk menapatkan pembeli, karena mereka akan membeli barang dari pedang lain.

Untuk itu, masalah harga ini harus benar benar sahabat perhatikan, jangan samapi sahabat mengambil keuntungan yang teralu besar dibandingkan dengan pedagang lainnya.

4. Kualitas Barang Dagangan Yang Baik


Cara berdagang sukses yang selanjutnya adalah kualitas barang dagangan yang baik yang merupakan hat mutlak yang harus kita miliki, karena tanpa kualitas dagangan yang baik maka tentau kita tidak akan pernah sukses berdagang barang apapun.

Karena sudah sifat konsumen selalu ingin mendapatkan barang yang terbaik disamping harga yang bersaing.

Apalagi jika sahabat berdagang makanan dan buah buahan kualiats makanan, serta rasa akan sangat menentukan dari kesuksesan usaha dagang kita, karena itulah yang akan menjadi ciri khas dari dagangan kita yang memiliki nilai jual.

5. Mengirim Barang Dagangan Tepat Waktu


JIka sahabat melayani penjualan dengan sistem pengiriman, maka pastikan sahabat melakukannya dengan selalu tepat waktu, agar bisa menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan akan pelayanan kita.

Karena umumnya para custumer paling tidak senang dengan pelayanan yang telat dan tidak tepat waktu, karena mereka selalu terburu buru ingin melihat barang yang mereka beli, apalagi jika memang barang tersebut mereka perlukan.

Baca juga :  Cara memulai usaha distro kecil kecilan untuk pemula

6. Mengelola Keuntungan Dengan Baik


Selanjutnya agar sahabat bisa sukses berdagang adalah harus bisa mengelola keuntungan hasil dagang sahabat dengan baik dan membaginya menjadi tiga bagian.

1. Untuk Menambah barang dagangan

2. Untuk ditabung

3. Untuk investasi

Kenapa ini harus dilakukan?

Karena jika tidak kita lakukan demikian maka kita akan sangat sulit mengelola keuntungan yang kita dapatkan, bisa jadi malah keuntungan tersebut habis untuk keperluan yang tidak terlalu penting, atau habis digunakan untuk keperluan sehari hari.

7. Lokasi Yang Strategis


Jangan lupakan juga faktor lokasi dagangan sahabat, karena walau bagaimanapun lokasi sangat menentukan keberhasilan dagangan yang kita jual, semakin strategis lokasi dagangan sahabat maka semakin tinggi peluang sukses dalam berdangan.

Umumnya lokasi yang strategi adalah yang menjadi pusat keramaian di kota, pusat pemerintahan ataupun di pinggir jalan raya, namun dalam hal ini sahbat juga harus jeli dalam memilih lokasi tersebut dan harus di sesuaikan dengan barang dagangan yang ingin sahabat jual, serta perhatikan juga tingkat persaingan yang ada disekitar lokasi .

8. Suasana Yang Nyaman


Selain lokasi yang strategis, suasana yang nyaman juga sangat menentukan kesuksesan berdagang, karena sudah bukan rahasia umum lagi para pembeli tentu lebih senang dengan lokasi yang nyaman di bandingkan  lokasi yang kumh dan tidak enak dipandang.

9. Kuasai Pasar


Dan yang terakhir adalah sahabat harus bisa menguasi pasar di bidang dagangan yang ingin sahabat jual. Maksudnya adalah sahabat harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bidang dagangan yang sahabat pilih, minat dari masyarakat, tingkat ekonomi, serta yang barang yang paling laris di pasaran.

Ini sangat penting, agar sahabat bisa menentukan dengan benar barang yang ingin sahabat jual yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

Demikianlah 9 cara berdagang yang baik dan menguntungakan, semoga bisa memberikan sedikit manfaat buat sahbat semuanya.